BAB I
PENDUHULUAN
1.1
Latar belakang
Perhatian dan pengamatan terhadap anak-anak
oleh para filsuf sebenarnya sudah ada sejak abad ke-5 Sebelum Masehi. Hal ini
dapat dibuktikan apabila secara teliti mempelajari pendapat-pendapat antara
lain : Plato (427-347SM). Orang yang pertama kali menyusun pendidikan secara
teratur, Aristoteles (384-322 SM). Orang yang menghendaki pendidikan agar
kehidupan nasional sehingga ia menitikberatkan perkembangan pada individu.
Socrates (469-322 SM) ia adalah sebagai peletak pada abad-abad itu di Yunani
dan Romawi. Walaupun mereka masih menganggap antara anak-anak dan orang dewasa
sama dan tidak ada perbedaan diantara keduanya.
Akan tetapi setidak-tidaknya perhatian dan
anggapan anak-anak itu, menunjukkan bukti adanya pemikiran tentang perkembangan
anak pada zaman itu. Pemikiran dan pendapat para filsuf terhadap anak pada
waktu itu masih menyatu dengan filsafat (induk segala ilmu), dan belum
merupakan suatu ilmu yang berdiri sendiri.