Selasa, 19 Mei 2015

Definisi Belajar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Masalah mendidik adalah masalahnya setiap orang, karena setiap orang sejak dahulu hingga sekarang, tentu berusaha mendidik anak-anaknya dan anak-anak lain yang diserahkan kepadanya untuk dididik. Demikian pula dengan masalah “belajar” dan “mengajar”, yang dapat dikatakan sebagai tindak pelaksanaan usaha pendidikan, adalah masalah setiap orang. Tiap orang boleh dikatakan sebagai belajar, misalnya belajarnya seorang murid kepada gurunya, olahragawan kepada pelatihnya, dan sebagainnya.[1]
Dalam menentukan definisi tentang belajar dapat dilakukan pendekatan dari berbagai segi, tergantung dari sudut teori belajar mana yang dianut oleh seseorang. Karena masalah belajar adalah masalahnya setiap orang, maka tidak mustahil jika banyak pihak yang berusaha mempelajari dan menerangkan perihal hakikat belajar itu. Namun sampai sekarang, hanya para ahli ilmu jiwalah yang paling berhasil dalam memberikan sumbangan dan menjawab banyak persoalan sehubungan dengan belajar. Maka konsep-konsep dan prinsip-prinsip serta informasi lainnya yang telah tersusun dalam lapangan psikologi itu, akan sangat berguna untuk memahami, merangsang dan memberi arah dalam aktivitas belajar.[2]