Senin, 18 Mei 2015

Teknik Penulisan Berita

Sebuah berita ditulis tidak hanya karena merupakan peristiwa besar. Lebih dari itu berita disampaikan terutama melalui tulisan merupakan bagian dari kerja jurnalistik menyampaikan informasi penting bagi masyarakat. Dengan informasi ini dalam bentuk paket berita masyarakat bisa memahami apa yang terjadi di sekitarnya dan bertindak berdasarkan informasi dari media massa itu.

Oleh sebab itulah, ada beberapa pilar penting dalam penulisan berita.

 1. Akurasi

Sebagai seorang wartawan, dia memiliki banyak kekuasaan. Apa yang ditulisnya bisa mempengaruhi keputusan orang lain. Tulisannya banyak dibaca orang. Taruhlah sebuah koran dengan oplag 200.000 eksemplar per hari maka berapa banyak orang yang membacanya. Dengan angka seperti itu pula, berapa banyak orang yang terpengaruh oleh laporan berita yang ditulis seorang jurnalis. Oleh sebab itulah maka akurasi, ketepatan menulis berita haris bisa ditegakkan. Akurasi dalam nama, tempat, peristiwa, waktu dan keterangan saksi dalam berita itu menjadi pilar penting. Tanpa akurasi, media massa tidak dapat dipercara. Jika tidak dapat dipercaya maka akan ditinggalkan pembacanya, tinggal menunggu mati. Sekali lagi akurasi adalah penting sekali dalam sebuah berita.

2. Jelas
Berita yang diturunkan sebuah media berfungsi memaparkan dengan jelas sebuah berita. Jelas itu bisa tercermin dari kalimat-kalimat yang pendek. Pilihan kata yang tepat serta urutan yang logis. Berita tidak meloncat-loncat tetapi terurut rapi. Tentu saja bukan hal yang mudah menurunkan berita yang jelas tetapi juga bernilai bagi pembacanya. Kejelasan itu juga tidak menghilangkan daya tarik sebuah berita untuk dibaca. Jelas disini juga tidak mengorbankan gaya dari penulisan berita. Prinsip penulisan 5 W dan 1 H akan memberikan landasan dalam penulisan berita.

3. Gaya
Seorang penulis berita tentu bukan seorang yang berperan sebagai sastrawan dengan penulisan non fiksi. Berita didasarkan pada fakta-fakta yang jelas. Berita merupakan laporan atas peristiwa aktual. Namun tidak menghilangkan kesempatan untuk tetap menuangkan berita dalam gaya yang menarik. Sebuah berita bisa membangkitkan harapan, kesedihan, tertawa atau juga rasa gemas. Berita yang ditulis dengan style tetapi tetap berprinsipkan pada akurasi dan kejelasan akan memperkaya para pembacanya. Berita tidak semata-mata tulisan asal jadi dengan memenuhi kriteria pemberitaan. Berita yang ditulis juga pada tingkat tertentu